Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia 1-5 Tahun Di Desa Manggal, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali

Kurniawan, Setyo Edi (2012) Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia 1-5 Tahun Di Desa Manggal, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pada anak usia 1-5 tahun di desa Manggal, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali dan penerapan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu pada anak usia 1-5 tahun di desa Manggal, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di desa Manggal, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali. Adapun objek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 1-5 tahun yang menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari. Data dalam penelitian ini adalah satuan bahasa Indonesia yang digunakan oleh anak usia 1-5 tahun. Adapun sumber data primer dalam Sumber data primer dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 1-5 tahun yang berjumlah 6 anak. Sumber data sekunder, yaitu orang tua anak yang menjadi sumber data primer dan beberapa warga masyarakat yang tinggal di desa Manggal, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan dan wawancara serta metode cakap. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih. Adapun teknik penyajian menggunakan teknik penyajian informal. Hasil dari penelitian ini adalah bahasa Indonesia merupakan bahasa pertama yang diperoleh anak. Mayoritas anak yang berusia 1-5 tahun di desa Manggal, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia ragam nonformal atau tidak resmi. Terdapat bentuk penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia yang benar seperti penggunaan kata tidak baku, kata mubazir, kesalahan pelafalan, penyimpangan pada partikel –lah, penghilagan fonem dan suku kata pertama, konjungsi tidak tepat, dan penggunaan singkatan. Penggunaan bahasa Indonesia tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan bahasa Indonesia, Penerapan penggunaan bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:23
Last Modified: 02 Mar 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item