Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas Iv Sdn Newung I Kecamatan Sukodono Tahun Pelajaran 2011/2012

SARI , RIANA KUSUMA (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas Iv Sdn Newung I Kecamatan Sukodono Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika,hanya 25% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60(memenuhi KKM). Analisis kolaboratif menyatakan terdapat salah satu sebab yaitu metode yang digunakan masih konvensional.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui metode Talking Stick. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Newung I Kecamatan Sukodono. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis kualitatif,yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan: Pada siklus I dengan penerapan metode Talking Stick terjadi peningkatan hasil belajar dari 25 % menjadi 65 % dari 20 siswa yang mendapat nilai ≥ 60,sebagai KKM. Sedang pada siklus II dari 65 % menjadi 85 % dari 20 siswa yang mendapat nilai ≥ 60,sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 20% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Newung I Kecamatan Sukodono tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:03
Last Modified: 02 Mar 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item