PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2005

SUGIYARTI, WAHYU (2008) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh latar belakang pendidikan menengah mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan, 2) Pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan, 3) Pengaruh latar belakang pendidikan menengah mahasiswa dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2005 yang berjumlah kurang lebih 160 mahasiswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan combinet sampling. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) Latar belakang pendidikan menengah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2005, 2) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2005, 3) Latar belakang pendidikan menengah dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2005. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel latar belakang pendidikan menengah (X1) sebesar 2,338 dan untuk variabel kreativitas belajar (X2) sebesar 5,011 yang nilainya lebih besar dari ttabel sebesar 2,013 dengan nilai signifikan hitung kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh secara individu (parsial) antara latar belakang pendidikan menengah dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2005. Sedangkan uji F diperoleh Fhitung sebesar 14,766 yang nilainya lebih besar dari Ftabel sebesar 3,230. Ini berarti terdapat pengaruh secara bersama – sama latar belakang pendidikan menengah dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2005. Berdasarkan perhitungan SE dan SR masing – masing SE% X1 = 6,43%, SE% X2 = 32,16% dan SR% X1 = 16,67%, SR% X2 = 83,33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan Menengah Mahasiswa, Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 May 2009 08:47
Last Modified: 17 Nov 2010 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item