Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Ernawati, Eka Yuliana (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan sebesar 70 % dari 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz siswa yang aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebanyak 5 siswa atau 20,83%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz, siklus I meningkat keaktifannya menjadi 11 siswa atau 45,83%, siklus II meningkatkan keaktifannya menjadi 20 siswa atau 83,33%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dan Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Team Quiz, Keaktifan siswa, Siklus, Tindakan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 06:07
Last Modified: 17 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17146

Actions (login required)

View Item View Item