Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012

RHOHMAWATI, IKA YUNIANA (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion pada Siswa KElas VIIIE SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten KAranganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (796kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_ika.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn, materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama melalui strategi Small Group Discussion Bervariasi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion Bervariasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 6 siswa (18,75%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkan strategi Small Group Discussion Bervariasi dalam proses pembelajaran PKn, keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (46,87%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi yaitu dengan pemberian motivasi-motivasi dan reward pada siklus II, keaktifan siswa dapat meningkat menjadi 27 siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-12
Uncontrolled Keywords: Strategi Small Group Discussion Bervariasi, Keaktifan, 2 Siklus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 05:58
Last Modified: 18 Jun 2012 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item