Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012

Krisnawati, Tutik (2012) Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada siklus I dan II tingkat penguasaan konsep siswa meningkat mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 26,92% (7 orang siswa) menjadi 57,69% (15 orang siswa) dari 26 siswa. Selanjutnya setelah diadakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 57,69% (15 orang siswa) menjadi 84,61% (22 orang siswa) dari 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dapat meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-23
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep Siswa, Metode Crossword Puzzle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 05:44
Last Modified: 18 Jun 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17143

Actions (login required)

View Item View Item