Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Team Quiz Dikolaborasikan dengan Strategi Small Group Discussion dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

RETNOWATI, ANITA (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Team Quiz Dikolaborasikan dengan Strategi Small Group Discussion dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar melalui strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran PKn di kelas VII G SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012, yaitu dari siswa yang aktif sesuai dengan indikator keaktifan sebanyak 8 siswa (25%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui penerapan strategi Team Quiz dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (59,37%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II yaitu melalui penerapan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion meningkat menjadi 26 siswa (81,25%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-02
Uncontrolled Keywords: Strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion, Keaktifan, Siklus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2012 05:30
Last Modified: 18 Jun 2012 08:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item