PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah I Sragen Tahun 2007/2008)

E R N A, E R N A (2008) PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah I Sragen Tahun 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : Bagaimana Penerapan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Sragen.Jenis Penelitian ini adalah diskriptif karena penelitian ini menitik beratkan pada masa sekarang dengan menggambarkan obyek penelitian secara sistematis. Jenis data yang dikumpulkan adalah kualitatif dengan obyek penelitian berupa kurikulum sedangkan subyek penelitian berupa komponen – komponen sekolah. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara untuk mengumpulkan data tentang peran dari komponen- komponen sekolah pada penerapan KTSP. Dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen yang berhubungan dengan penerapan KTSP. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data kondisi lingkungan dan penerapan KTSP. Adapun analsisis data yang digunakan adalah analisis jalinan.Validitas data menggunakan Trianggulasi data. Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Secara administratif, dokumen untuk menerapkan KTSP di SMP Muhammadiyah 1 Sragen sudah lengkap. Itu terbukti dengan semua komponen KTSP sudah ada yaitu Visi, Misi, Tujuan Satuan Pendidikan, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Akademik, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) Pengembangan program untuk penerapan KTSP sudah baik, itu terbukti dari dokumen- dokumen untuk penerapan KTSP sudah ada yaitu program tahunan dan program semesteran yang merupakan dasar pengembangan RPP, 3) Secara teknis SMP Muhammadiyah 1 Sragen sudah melaksanakan KTSP, tetapi belum sempurna hal ini terbukti dari kegiatan belajar mengajar dan penilaian hasil pembelajaran serta pengelolaan kelas masih menggunakan cara konvensional, 4) Peran-peran komponen sekolah sudah baik tetapi belum optimal, terutama peran dari sarana dan prasarana yang belum dimanfaatkan secara optimal mulai dari perpustakaan hingga lobaratorium, 5) Untuk penyediaan pembiayaan guna penerapan KTSP sudah ada. Di SMP Muhammadiayh Sragen mempunyai dua sumber utama yaitu Pemerintah dan Orang tua peserta didik, sampai sekarang masih diusahakan untuk meningkatkan peran serta masyarakat sekitar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 May 2009 08:43
Last Modified: 17 Nov 2010 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item