Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Brainstroming (Curah Pendapat) Dengan Media Lcd Infocus Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Bakalan Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

SIWI , DIKA PERDANA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Brainstroming (Curah Pendapat) Dengan Media Lcd Infocus Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Bakalan Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permsalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Bakalan yaitu rendahnya hasil belajaran IPA serta kurang interaktifnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan i peningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui metode brainstorming (curah pendapat) dengan menggunakan media LCD infocus pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan kabupaten wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan yang berjumlah 16 siswa.Sedangkan subyek pelaku tindakan adalah guru peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datadilakukan denga tiga tahap yakni observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPA yang mengalami peningkataan, dari hasil sebelum dilakukan tindakan ada 25% ( 4 siswa ) yang memenuhi KKM kemudian perbaikan pembelajaran pada Siklus I sebanyak 37,50% ( 6 siswa ) yang tuntas belajar dan meningkat menjadi 87,50% (14 siswa ) pada siklus II dengan KKM 65. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming ( curah pendapat ) dengan media LCD infocus dapat meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan kabupaten Wonogiri Tahun Ajran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, brainstroming
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 29 Feb 2012 10:40
Last Modified: 29 Feb 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item