Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri Begalon Ii No.241 Surakarta Tahun 2011 /2012

ARYANTO, RUDY (2012) Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri Begalon Ii No.241 Surakarta Tahun 2011 /2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._halaman_depan.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang biasa diterapkan saat ini cenderung kepada metode konvensional dan teachear center sehingga kurang ada interaksi antara siswa dengan guru, siswa kurang berkonsentrasi terhadap pelajaran,siswa jenuh belajar sehingga proses pembelajaran kurang maksimal. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Pre Experimental Design berbentuk One Group Pre Test Post Test Design.Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa di SDN Begalon II No.241 Surakarta Tahun 2011/ 2012. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa di SDN Begalon II No.241 Surakarta tahun 2011 / 2012. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Begalon II No.241 Surakarta tahun 2011/ 2012 yang berjumlah 48 siswa, yang subyek penelitian akan mendapat dua perlakuan metode pembelajaran yang berbeda. Untuk pertemuan pertama menggunakan metode konvensional, sedangkan yang kedua menggunakan metode Hypnoteaching. Masing-masing metode setelah selesai proses pembelajaran, subyek penelitian mendapat lembar evaluasi hasil belajar yang telah diuji kevaliditasan datanya menggunakan validitas isi, yang nantinya akan menjadi nilai pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian kelas ini berdistribusi tidak normal.karena Chi Kuadrad hitung > dari Chi Kuadrad tabel yaitu 30,53 > 11.070 Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Match Pair Test dengan bantuan SPSS versi 19. diperoleh hasil nilai asymp sig = 0,00 < α = 0,05 maka hipotesis ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa metode Hypnoteaching mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SDN Begalon II No.241 Surakarta Tahun 2011 / 2012. Disarankan guru dapat menerapkan interaksi dengan siswa serta meningkatkan konsentrasi siswa dengan metode Hypnoteaching pada berbagai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-26
Uncontrolled Keywords: metode Hypnoteaching , hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 29 Feb 2012 10:12
Last Modified: 25 Jun 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17113

Actions (login required)

View Item View Item