Meningkatkan Penguasaan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Strategi Missouri Mathematic Project (MMP) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grogol 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Susilowati, Susilowati (2012) Meningkatkan Penguasaan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Strategi Missouri Mathematic Project (MMP) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grogol 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil penguasaan konsep pengurangan bilangan bulat melalui strategi Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas IV SDN Grogol 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sumber data adalah guru kelas IV dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan (prasiklus) yaitu 64,9 dengan ketuntasan klasikal 45,5%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 68,6 dengan ketuntasan klasikal 54,5%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,8 dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Missouri Mathemathic Project (MMP) dapat meningkatkan penguasaan konsep pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Grogol 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan konsep pengurangan bilangan bulat, strategi Missouri Mathematic Project (MMP).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 09:35
Last Modified: 29 Feb 2012 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item