Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan dengan Metode Jumping Rabbit Pada Siswa Kelas IV SD N 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012

Ma’rufi, Airina Nur (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan dengan Metode Jumping Rabbit Pada Siswa Kelas IV SD N 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Front Page)
HALAMAN_DEPAN_AIRINA.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB-1.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang hanya menginformasikan fakta dan konsep melalui ceramah saja, mengakibatkan kurangnya perhatian siswa pada pelajaran matematika. Karena siswa hanya menjadi penerima informasi dari gurunya saja.Kurangnya perhatian siswa pada mata pelajaran matematika, berpengaruh pula terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil ulangan tengah semester I tahun pelajaran 2011/2012 yang telah dilaksanakan di kelas IV SD N 04 Tegalgede, rata-rata nilai matematika 57%. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Tegelgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Tegalgede pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 anak yang terdiri dari siswa laki-laki 13 anak dan siswa perempuan 10 anak. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 70% dari hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) Proses pembelajaran Matematika pada kelas IV SD Negeri 04 Tegalgede tahun pelajaran 2011/2012 dilakukan dalam beberapa tahap, tahap awal guru mengabsen siswa dan menanyakan kepada siswa apakah materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sudah diberikan oleh guru kelasnya, menanyakan teknik apa yang sudah dipelajari, serta guru menyampaikan tujuan pembelajaran, tahap kedua membagi siswa menjadi dua kelompok yang masing-masing kelompok akan bertindak sebagai lawan main bagi kelompok lain, menegaskan kembali aturan yang dipakai pada teknik jumping rabbit, menuntun siswa menemukan prinsip-prinsip pengerjaan yang akurat, memberikan latihan secara berjenjang. Tahap ketiga, apabila dipandang perlu untuk memberi penjelasan tambahan sewaktu program sedang disajikan, maka program tersebut dapat dihentikan untuk sementara. Kemudian pada siklus II dilakukan dengan meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran dengan mengadakan refleksi terhadap kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung di mana kekurangan dan kelemahan siswa yang masih perlu dibenahi; (2) Berdasarkan analisis data rata-rata kelas dari pra siklus sebesar 61,20 meningkat pada tes Siklus I menjadi 66,40 bahkan kemudian meningkat lagi pada hasil tes Siklus II menjadi 71,50, hal ini berarti hipotesisnya yang menyatakan bahwa “penggunaan teknik jumping rabbit dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Tegalgede tahun pelajaran 2011/2012”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, jumping rabbit, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 09:24
Last Modified: 29 Feb 2012 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item