Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Make A-Match Pada Pembelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri 03 Buran Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Fatmawati, Rohmah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Make A-Match Pada Pembelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri 03 Buran Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 03 Buran Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode make a match pada siswa kelas V SD Negeri 03 Buran tahun ajaran 2011/2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Buran yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas V. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui metode make a match. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh 13 siswa mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 61,21 dan ketuntasan belajar 39,39%, pada siklus I diperoleh 23 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 66,67 dan ketuntasan belajar 69,69%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan 30 siswa telah mencapai KKM (≥65) dengan nilai rata-rata 84,09 dan ketuntasan belajar 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode make a match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 09:14
Last Modified: 29 Feb 2012 09:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17105

Actions (login required)

View Item View Item