Penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dan Media Permainan Choose Number Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2011/2012

Yuningsih, Novie Tri (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dan Media Permainan Choose Number Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assesment dengan media permainan Choose Number pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 44 siswa. Sedangkan guru peneliti sebagai subyek pelaksana tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : melalui penerapan strategi pembelajaran Instant Assesment dengan media permainan Choose Number dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Matematika yang mencapai daya serap ≥60 yaitu sebelum tindakan 47,73% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,18% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81, 82%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-01
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Matematika, Instant Assesment, Choose Number
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 06:48
Last Modified: 25 Jun 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item