Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Wahyuni, Atik (2011) Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif di kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten tahun ajaran 2011/2012. Teknik pembelajaran kooperatif yang dipakai adalah kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 4 pertemuan, siklus II, 3 pertemuan dan siklus III, 2 pertemuan, masing-masing pertemuan berdurasi 30 menit. Tempat penelitian di kelompok A. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari: 10 anak laki-laki, 6 anak perempuan serta seorang guru kelas kelompok A. Data tentang keterampilan berbicara dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data keterampilan berbicara dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data keterampilan berbicara anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran kooperatif dianalisis secara diskriptif komparatif, yaitu data didiskripsikan setiap siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaiki pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya prosentase peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus III yaitu pada prasiklus peningkatan keterampilan berbicara anak mencapai 50,12 %, siklus I mencapai 61,19 % dengan indikator kinerja 60 %, siklus II mencapai 70,17 % dengan indikator kinerja 70%, dan siklus III mencapai 81,47 % dengan indikator kinerja 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Feb 2012 05:48
Last Modified: 29 Feb 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17094

Actions (login required)

View Item View Item