Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Manggung

ARIFIN, MUHAMMAD (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Manggung. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Cover+Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hadil belajar IPA dengan menggunakan media Science Education Quality Improvement Project ( SEQIP ) pada siswa kelas VI SDN 2 Manggung. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar IPA, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Science Education Quality Improvement Project ( SEQIP ). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai sampel adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Manggung yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. interaktif model Milles dan Huberman yang meliputi 4 tahap, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data (display), dan 4) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan media SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Manggung. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 63,41 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 41,73%, siklus I nilai rata-rata kelas 67,75 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72,41%, dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,65 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 82,75%. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan dinyatakan penelitian ini telah berhasil dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang menggunakan media SEQIP. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media Science Education Quality Improvement Project ( SEQIP ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 manggung kecamatan Ngemplak kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-17
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Media SEQIP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 11:32
Last Modified: 25 Jun 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item