Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

MULYANI, MULYANI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian dalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo yang berjumlah 17 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlaha dan pengurangan pecahan melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas IV semester II SDN 01 Jatipurwo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 58,8 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 70,6 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 94,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo tahun pelajaran 2010/2011. Penerapan pendekatan tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya: keberanian siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Tutor Sebaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 06:37
Last Modified: 28 Feb 2012 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17068

Actions (login required)

View Item View Item