Penggunaan Metode PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Nursidah, Rida (2012) Penggunaan Metode PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa penggunaan metode PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo kecamatan Jumapolo kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo dan guru kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo sebagai subyek pelaku metode pembelajaran PBI (Problem Based Instruction). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pre test hasil belajar IPA siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 52%, masih ada 48% siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 76% dengan persentase aktivitas siswa sebesar 59,6%, dan hasil belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 100% memenuhi ketuntasan belajar dengan persentase aktivitas siswa sebesar 85,3%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Jumapolo kecamatan Jumapolo kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar siswa, Problem Based Instruction, aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 06:01
Last Modified: 28 Feb 2012 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17064

Actions (login required)

View Item View Item