Penerapan Reward dan Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu

Agustina, Nurita (2012) Penerapan Reward dan Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul_Skripsix.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Skripsix.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan Reward dan Punishment pada siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu, berjumlah 18 siswa, 10 siswa laki-laki, 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Reward dan Punisment mampu meningkatakan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Hal ini dapat dibuktikan dengan: (1) adanya peningkatan rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa dari sebelum tindakan 48,83; kemudian pada siklus I menjadi 70; naik menjadi 80,83 pada siklus II, (2) adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 28%; pada tes siklus I menjadi 67%; kemudian pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 11:08
Last Modified: 27 Feb 2012 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17058

Actions (login required)

View Item View Item