Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Dengan The Power Of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 2 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

FEBRIYANTI, EMITA (2012) Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Dengan The Power Of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 2 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi Index Card Match dan The Power of Two. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi diskusi, Jigsaw, dan ceramah bervariasi namun belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Index Card Match dan The Power of Two. Subjek pelaksanaan tindakan adalah 40 orang siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 6 Surakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi Index Card Match dan The Power of Two keaktifan siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 meningkat, yaitu dari yang awalnya adalah 7 siswa (17,5%) yang aktif, setelah diterapkan strategi Index Card Match dan The Power of Two, pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa (72,5%) dan siklus II meningkat menjadi 39 siswa (97,5%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga Penerapan Strategi Index card match kolaborasi dengan The Power of Two mampu Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada Siswa Kelas X AP 2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-04
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, The Power of Two, Keaktifan, Pendidikan Kewarganegaraan, Sistem Hukum dan Peradilan Nasional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:54
Last Modified: 11 Oct 2018 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item