Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Reading Guide Dikolaborasikan Dengan Strategi True Or False Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran I Smk Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

ERNAWATI , DEWI (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Reading Guide Dikolaborasikan Dengan Strategi True Or False Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran I Smk Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Reading Guide dengan True or False. Sebelum tindakan keaktifan siswa kurang. Pembelajaran yang berlangsung selama ini menggunakan model pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, cara tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah menggunakan strategi pembelajaran Kolaborasi Reading Guide dengan True or False. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian l; tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Reading Guide dengan True or False keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 70% dari 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keaktifan dalam Pembelajaran PKn pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas siswa yang aktif adalah 11 siswa (30,55%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Reading Guide dengan True or False, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa (57,14%) dan siklus II meningkat menjadi 31 siswa (86,11%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan ”Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Reading Guide dengan True or False dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-19
Uncontrolled Keywords: Reading Guide, True or False, Keaktifan siswa, dan PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:45
Last Modified: 18 Jun 2012 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item