Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Index Card Match Dengan Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pkn Materi Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara Pada Siswa Kelas Viii G Smp Negeri 19 Surakarta Tahun 201

SUSANTI , LINA (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Index Card Match Dengan Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pkn Materi Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara Pada Siswa Kelas Viii G Smp Negeri 19 Surakarta Tahun 201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas, guru sudah mengupayakan solusi pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran penugasan, jigsaw, dan diskusi kelas yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut tidak sepenuhnya berhasil meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 34 siswa, kepala sekolah, guru PKn, serta peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 12 siswa (30,29%). Setelah dilakukan tindakan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 17 siswa (50,00%) dan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (88,24%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapkan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Index Card Match dengan Small Group Discussion mampu Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: A220/2012-03
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Index Card Match, Small Group Discussion, Keaktifan Siswa, Pancasila, Ideologi, dan Dasar Negara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:31
Last Modified: 18 Jun 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item View Item