Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi kelas V SDN 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Utaminingsih, Murni (2012) Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi kelas V SDN 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode jigsaw pada siswa kelas V SDN 01 Nglegok, (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dala menerapkan metode jigsaw, (3) Untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam mengikuti pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sdn 01 Nglegok yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai tida buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar IPA kelas V dengan menerapkan metode jigsaw terbukti rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 67,75, pada siklus I 73,25, dan pada siklus II naik menjadi 77,75. (2) Ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode jigsaw salah satunya yaitu dalam penerapan metode jigsaw memerlukan waktu yang banyak. (3) Adanya peningkatan keaktifan siswa di dalam mengikuti pelajaran, hal ini terbukti rata-rata siswa yang aktif pra tindakan 35%, pada siklus I menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar, Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:26
Last Modified: 27 Feb 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17052

Actions (login required)

View Item View Item