Penggunaan Strategi Question Student Have Dikolaborasikan Dengan Strategi Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas Vii D Smp Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

SAPUTRI , BERLINA ADISTYA (2012) Penggunaan Strategi Question Student Have Dikolaborasikan Dengan Strategi Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas Vii D Smp Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Question Student Have dengan Role Playing. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan penugasan, tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Kolaborasi Question Student Have dengan Role Playing. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Kolaborasi Question Student Have dengan Role Playing keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit Tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 75% dari 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keaktifan siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit yaitu dari yang aktif dalam pembelajaran sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas adalah 12 siswa (34,28%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu penggunaan strategi pembelajaran Kolaborasi Question Student Have dengan Role Playing, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 19 siswa (54,28%) dan siklus II meningkat menjadi 30 siswa (85,71%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Question Student Have dengan Role Playing dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Pkn pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Question Student have, Role Playing, Keaktifan siswa, dan PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:09
Last Modified: 27 Feb 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item