Penerapan Metode Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat)

Damayanti, Luluk (2012) Penerapan Metode Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat sebagai subjek pemberi tindakan, peneliti dan kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang sebagai subjek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, interview. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meliputi 1)mengerjakan soal ke depan kelas diawal putaran mencapai 31, 82% dan di akhir putaran mencapai 68,18%, 2) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain pada awal putaran 45, 45% dan diakhir putaran mencapai 72, 72%, 3) mengajukan ide/tanggapan pada guru di awal putaran 50% dan diakhir putaran mencapai 68, 18%,4) membuat kesimpulan pada awal putaran 31, 82% dan di akhir putaran mencapai 68, 18%, dan 5) memanfaatkan sumber belajar pada awal putaran 31, 82% dan diakhir putaran mencapai 72, 27%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1)kemampuan mengkonstruksikan soal pada awal putaran 45, 45% dan diakhir putaran mencapai 72, 72%, 2)ketepatan penggunaan rumus pada awal putaran 50% dan diakhir putaran mencapai 81, 82%, 3) kemampuan proses perhitungan pada awal putaran 40, 90% dan diakhir putaran mencapai 80, 82%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-28
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, operasi hitung bilangan, metode CUPs.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:17
Last Modified: 25 Jun 2012 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17049

Actions (login required)

View Item View Item