Meningkatkan Ketrampikan Menulis Karangan Narasi MElalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V SD Negeri Anggaswangi, Godong, Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

MURDIANTO, EKO (2012) Meningkatkan Ketrampikan Menulis Karangan Narasi MElalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V SD Negeri Anggaswangi, Godong, Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan beberapa strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Kelas yang diadakan penelitian adalah kelas V yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami materi karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri Anggaswangi, Godong, Grobogan tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari sebelum tindakan (pra siklus), siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi. Penilaian dilakukan dengan cara posttest dengan soal membuat karangan narasi. Penilaian berpedoman pada rubrik penilaian.Data yang diperoleh adalah sebagai berikut: sebelum tindakan didapat nilai rata-rata 65 dengan prosentase 24,13 siswa yang mendapat nilai  70 sebagai KKM, siklus I nilai rata-rata 69,13 dengan prosentase 51,72% siswa yang mendapat nilai  70 sebagai KKM. Siklus II nilai rata-rata 71,37 dengan prosentase 86,20% siswa yang mendapat nilai  70 sebagai KKM. . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Anggaswangi tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), keterampilan menulis karangan narasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Feb 2012 11:25
Last Modified: 24 Feb 2012 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item