Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Daur Air dan Peristiwa Alam Melalui Peta Konsep Siklus pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Triningsih, Nanik (2011) Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Daur Air dan Peristiwa Alam Melalui Peta Konsep Siklus pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar IPA materi Daur Air dan Peristiwa Alam melalui pembelajaran menggunakan peta konsep siklus pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan metode tes. Berdasarkan analisis data setelah pembelajaran menggunakan peta konsep, hasil belajar IPA siswa pada siklus I baru mencapai persentase 45%, karena KKM yang ditetapkan yaitu nilai 70 dengan indikator ketuntasan belajar sebesar 85%, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan hasil II sebesar 65%. Hasil tersebut belum optimal maka dilanjutkan ke siklus III dan hasil belajar siswa pada siklus III meningkat dan mencapai hasil optimal (sesuai dengan indicator kerja) pada siklus III yaitu 90%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus III dengan hasil 90% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep siklus dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Daur Air dan Peristiwa Alam pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peta konsep siklus, hasil belajar siswa, daur air, peristiwa alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Feb 2012 09:38
Last Modified: 24 Feb 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17034

Actions (login required)

View Item View Item