Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Belajar "SAVI" pada Siswa Kelas III SDN 01 Jatisuko Jatipuro Tahun Pelajaran 2010/2011

PURWANTI, PURWANTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Belajar "SAVI" pada Siswa Kelas III SDN 01 Jatisuko Jatipuro Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk pembelajaran matematika menggunakan pendekatan “SAVI” mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas III SDN 01 Jatisuko Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Subyek penelitian adalah siswa dan guru Kelas III serta kepala sekolah SDN 01 Jatisuko Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran matematika melalui pendekatan belajar SAVI berhasil meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana pada siswa kelas III SD Negeri 01 Jatisuko Jatipuro Karanganyar dan (2) pembelajaran melalui pendekatan belajar SAVI pada mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan hasil belajar matematika dari rata-rata 4,94 menjadi 7,71 sehingga mencapai ketuntasan 75% pada pelajaran matematika tentang pecahan sederhana pada siswa kelas III SD Negeri 01 Jatisuko Jatipuro Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, pendekatan SAVI, pelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 05:22
Last Modified: 23 Feb 2012 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item