Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Komputer Wingeom Dan Permainan Simulasi Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Respon Siswa (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali)

Rini, Titik Puspita (2012) Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Komputer Wingeom Dan Permainan Simulasi Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Respon Siswa (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSATAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran berbasis Media Teknologi Komputer Wingeom dan Permainan Simulasi terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh respon siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran matematika dan respon belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 118 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas Media Teknologi Komputer Wingeom dan 23 siswa sebagai kelas Permainan Simulasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis media teknologi komputer Wingeom dan permainan Simulasi terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat didasarkan dari analisis data diperoleh F hitung = 5, 708 > F tabel = 4,085 dengan α = 5%. (2) Terdapat pengaruh respon belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan analisis data diperoleh F hitung = 3,742 > F tabel =3,232 dengan α = 5%. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis media teknologi komputer Wingeom dan permainan Simulasi terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari penelitian diperoleh F hitung = 0,116 < F tabel = 3,232 dengan α = 5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari strategi pembelajaran dan respon belajar, sedangkan interaksi antara strategi pembelajaran dan respon belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-10
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, respon belajar siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 23 Feb 2012 05:19
Last Modified: 21 Jun 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item