Penggunaan Strategi Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Semester Gasal SD Negeri 1 Sonorejo Blora Tahun Ajaran 2011/ 2012

Wijayanti, Noviana (2012) Penggunaan Strategi Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Semester Gasal SD Negeri 1 Sonorejo Blora Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris melalui strategi pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sonorejo Blora semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sonorejo Blora yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang mencakup: 1) Aktivitas siswa dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 12,5%, siklus I 33,3%, siklus II 41,6%, dan di akhir tindakan 50%. 2) Aktivitas siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat sebelum tindakan 8,3%, siklus I 16,6%, siklus II 25%, dan di akhir tindakan 33,3%. 3) Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 16,6%, siklus I 25%, siklus II 33,3%, dan di akhir tindakan 41,6%. 4) Aktivitas siswa dalam melakukan kegiatan diskusi siklus I 33,3%, siklus II 50%, dan di akhir tindakan 66,6%. 5) Aktivitas siswa dalam mengerjakan latihan soal dan tugas sebelum tindakan 62,5%, siklus I 75%, siklus II 83,3%, dan di akhir tindakan 91,6%. 6) Hasil belajar siswa yaitu tercapainya nilai siswa ≥ 65 meliputi: data evaluasi hasil belajar siswa pada pokok bahasan body and face sebelum tindakan 41,6%, siklus I 70,8%, siklus II 79,1%, dan di akhir tindakan 95,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui strategi pembelajaran SAVI dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV semester gasal SD Negeri 1 Sonorejo Blora tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, strategi pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), dan media gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2012 10:45
Last Modified: 22 Feb 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item