Peningkatakan hasil Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Student Facilitator And Explaining Dengan Mengoptimalkan Media Powerpoin (PTK Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negri Donohudan 03 )

Hibban, Abi (2011) Peningkatakan hasil Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Student Facilitator And Explaining Dengan Mengoptimalkan Media Powerpoin (PTK Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negri Donohudan 03 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._halaman_depan.pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model student facilitator and explaining dengan mengoptimalkan media power point. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai subjek pelaku tindakan di kelas dengan guru kelas IV dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu pelaksanaan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Donohudan 03 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Alur yang dilalui meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hasil belajar IPS pada tes awal (prasiklus) diperoleh rata-rata nilai 58,75 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 43,75%. Pada siklus I rata-rata yang diperoleh 65,41 dan ketuntasan belajar menjadi 59,37%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh meningkat menjadi 72 dan ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 81,25%. Kesimpulan penelitiian ini adalah melalui penerapan model student facilitator and explaining dengan mengoptimalkan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-23
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, student facilitator and explaining dan power point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Feb 2012 08:43
Last Modified: 25 Jun 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17008

Actions (login required)

View Item View Item