Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Dengan Menggunakan Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)

Fitriana, Fitriana (2011) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Dengan Menggunakan Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui model LSQ dengan menggunakan lembar kerja siswa ( LKS ) pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini : terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang : a) antusias siswa dalam persiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 8,82%, putaran I 23,52%, putaran II 44,11%, dan di akhir tindakan 73,52%, b) antusias siswa dalam menanggapi penjelasan guru sebelum tindakan 17,64%, putaran I 29,41%, putaran II 52,94%, dan di akhir tindakan 82,35%, c) antusias siswa dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan 5,89%, putaran I 20,58%, putaran II 47,05%, dan di akhir tindakan 85,29%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model LSQ dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar , LSQ, lembar kerja siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Feb 2012 06:18
Last Modified: 22 Feb 2012 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item