Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Teka-Teki Silang Angka pada Siswa Kelas IVA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

UTAMI, Nurul Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Teka-Teki Silang Angka pada Siswa Kelas IVA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Fulltexs)
FULL_TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan teka-teki silang angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan teka-teki silang angka, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang di atas KKM sama dengan 70 sebelum tindakan 45,83% meningkat menjadi 87,50% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan teka-teki silang angka, hal ini dapat dilihat dari aspek a) perhatian terhadap penjelasan guru sebelum tindakan 29,17% meningkat menjadi 54,17% pada akhir tindakan, b) motivasi belajar sebelum tindakan 29,17% meningkat menjadi 41,67% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 37,50% meningkat menjadi 75% pada akhir tindakan, d) kerjasama kelompok sebelum tindakan 16,67% meningkat menjadi 62,50% pada akhir tindakan, e) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 12,50% meningkat menjadi 54,17% pada akhir tindakan, dan f) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 41,67% meningkat menjadi 62,50% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization dengan teka-teki silang angka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Teka-teki silang angka, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Feb 2012 11:21
Last Modified: 21 Feb 2012 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item