Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Aminah, Siti (2012) Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Fulltexs)
10._FULL_TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-15
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Role Reversal Questions, Keaktifan, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Feb 2012 11:10
Last Modified: 25 Jun 2012 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item