Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 03 Nusukan Surakarta Tahun Tahun Ajaran 2011/2012

Herawati, Susy (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 03 Nusukan Surakarta Tahun Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
CD_Halaman_Depan.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
CD_BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
CD_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
CD_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab IV)
CD_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab V)
CD_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
CD_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
CD_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA serta untuk menambah pengetahuan dan pengalaman guru mengenai strategi pembelajaran yang aktif dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 03 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, bahwa nilai rata-rata kognitif siswa meningkat yaitu dari pra siklus dengan rata-rata nilai sebesar 66,6, atau 40% dari 25 siswa, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 69,40 atau 52% dari 25 siswa, kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 74,60 atau 80% dari 25 siswa. dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif), strategi pembelajaran Group Investigation (GI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 10:48
Last Modified: 21 Feb 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item