Upaya Meningkatkan Hasil Belajat IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Maka A-Match Pada Sisea Kelas IV SD Negeri Banaran I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Taufiqurrohman, Muh. (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajat IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Maka A-Match Pada Sisea Kelas IV SD Negeri Banaran I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.__HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 Kalijambe Sragen yang berjumlah 24 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 56,46 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 33,33%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 66,46 dengan ketuntasan belajar 58,33%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 79,95 dengan ketuntasan belajar 82,60%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode make a match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 10:22
Last Modified: 21 Feb 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item