Peningkatan Kemampuan dan Minat Membaca Melalui Media Komik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Cakraningratan No 32 Laweyan Surakarta Tahun pelajaran 2011/2012

Wantri, Liani (2011) Peningkatan Kemampuan dan Minat Membaca Melalui Media Komik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Cakraningratan No 32 Laweyan Surakarta Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] PDF (Bab.v)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan minat membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media komik. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Cakraningratan No.32 Laweyan Surakarta yang berjumlah 24 siswa, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan dan minat membaca siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dan minat membaca. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 13% dari pra siklus dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21% dari siklus I. Penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan indikator pencapaian minat membaca siswa pada siklus I dari pra siklus yaitu: perasaan senang sebesar 25%, perhatian sebesar 21%, antusias sebesar 21%, kemauan sebesar 21% dan kesadaran sebesar 21%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I yaitu: perasaan senang sebesar 25%, perhatian sebesar 17%, antusias sebesar 17%, kemauan sebesar 25% dan kesadaran sebesar 25%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan minat membaca melalui media komik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Cakraningratan No.32 Laweyan Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komik, kemampuan, minat, membaca, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Feb 2012 10:13
Last Modified: 21 Feb 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16983

Actions (login required)

View Item View Item