Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Di Sd Negeri 1 Baran Tahun Pelajaran 2011/2012”

Wahyuni, Eky (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Di Sd Negeri 1 Baran Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas 3 SD Negeri 1 Baran tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas 3 SD Negeri 1 Baran. Sedangkan obyeknya adalah kemampuan siswa menulis puisi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis puisi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping). Pada Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan nilai rata-rata 66,5 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 62,5 % (15 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan nilai rata-rata 73,75 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 83,3% (20 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis puisi, metode peta pikiran (mind mapping).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 10:01
Last Modified: 21 Feb 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item