Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

SETYORINI, ANI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah cooperative learning tipe numbered heads together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi fungsi dan bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV Sd Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar dalam pembelajaran IPA materi fungsi dan bagaian-bagian tumbuhan melalui cooperative learning tipe numbered heads together. Sebelum tindakan diperoleh 26,31% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan diperoleh 52,63% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus II diperoleh mencapai 84,21% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, cooperative learning tipe numbered heads together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 09:52
Last Modified: 21 Feb 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16979

Actions (login required)

View Item View Item