Peningkatan hasil belajar PKn melalui Model Value Clarification Techique (VCT)Pada Siswa kelas V SD Negeri Tlogoyo 2 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun pelajaran 2011/2012

Azizah, Farinka Nurrahmah (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui Model Value Clarification Techique (VCT)Pada Siswa kelas V SD Negeri Tlogoyo 2 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
7)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
8)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas V SD Negeri Tlogoboyo 2 Bonang, Demak Tahun Ajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Tlogoboyo 2 Bonang, Demak yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada kelas V SD Negeri Tlogoboyo 2 Bonang, Demak, Tahun Ajaran 2011/2012”. Dibuktikan dengan hasil belajar PKn yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Pre Test 40,74% yang tuntas belajar meningkat menjadi 55,55% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 96,29%, KKM 65. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tlogoboyo 2 Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran Value Clarification Technique, VCT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Feb 2012 09:05
Last Modified: 21 Feb 2012 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16976

Actions (login required)

View Item View Item