Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Deep Dialogue Pada Siswa Kelas IV SD Negere I Demangan Tahun Ajaran 2011/201

Hidayanto, Arif (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Deep Dialogue Pada Siswa Kelas IV SD Negere I Demangan Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penilitian ini di SD Negeri 1 Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 1 Demangan yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas IV. Metode pengumpulan data adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif dengan langkah – langkah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan gaya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari prasklus sampai siklus dua. Sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 35 % siswa yang mencapai KKM dan pada akhir siklus dua mencapai 92 % siswa yang mencapai KKM. Dengan demingkian peningkatan hasil belajar IPA sejak prasiklus sampai siklus dua mencapai 57 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan strategi pembelajaran deep dialogue dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, deep dialogue
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 07:02
Last Modified: 21 Feb 2012 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16972

Actions (login required)

View Item View Item