Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ganten Tahun Pelajaran 2010/2011.

Sundari, Sundari (2012) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ganten Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran model Group Investigation yang dilaksanakan saat pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten; (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas kelas IV SD Negeri 01 Ganten. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 01 Ganten kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran siklus I dari 16 siswa terdapat siswa yang telah tuntas sebanyak 10 siswa atau 62%, sedangkan siklus II yang telah tuntas adalah 13 siswa atau 81 % dan siklus III dari 16 siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 15 siswa atau 93,75 % atau 94%. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan metode group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012”, sehingga dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat diterima atau dapat terjawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran group investigation, hasil belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Feb 2012 06:30
Last Modified: 21 Feb 2012 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16967

Actions (login required)

View Item View Item