Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernafasan Pada Manusia Ditinjau dari Aktivitas BElajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surskarta Tahun Ajaran 2011-2012

SIHONO, SIHONO (2012) Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernafasan Pada Manusia Ditinjau dari Aktivitas BElajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surskarta Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran biologi yang berlangsung di kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 ditemukan kelemahan sebagai berikut ; a) siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru saat pembelajaran, b) siswa ramai pada saat pembelajaran, c) jenuh dan bosan pada pembelajaran yang monoton. d) konsentrasi dan pemahaman siswa kurang setiap pembelajaran biologi, dan e) prestasi belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti mencoba menerapkan pembelajaran dengan dilengkapi macromedia flash untuk mendapatkan hasil belajar yang dan aktivitas belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan media yaitu Macromedia Flash (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar biolgi, dan (3) interaksi antara pembelajaran dengan pemanfaatan macromedia flash dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIPK sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes (post test). Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Lavene Statistic untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan macromedia flash dan tanpa macromedia flash terhadap hasil belajar siswa, dengan Fa = 23,927 > 4,000, (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan Fb = 10,105 > 3,150, dan (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara media pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajarsiswa, dengan Fab = 6,284 > 3,150. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Penggunaan Macromedia flash dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran tanpa menggunakan macromedia flash, 2. Semakin tinggi aktivitas belajar siswa, maka semakin baik hasil yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar siswa, maka semakin rendah pula hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-23
Uncontrolled Keywords: macromedia flash, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 05:55
Last Modified: 21 Jun 2012 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item