Fahrudi, Rifki (2011) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Student-Created Case Studies (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan, Kab. Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (313kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Student-Created Case Studies. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP N 3 Pabelan, Kab. Semarang yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan dan antusias belajar siswa sebelum diadakan tindakan sebesar (31,25%).pada putaran I sebesar (40,63%), pada putaran II sebesar ( 53,12% ), di akhir putaran mencapai (65,62% ), 2) menjawab pertanyaan serta memberikan tanggapan terhadap guru atau siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar (6,25%), pada putaran I sebesar ( 15,63% ), pada putaran II sebesar ( 34,38% ), di akhir putaran mencapai (53,12%), serta 3) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar (3,13%), pada putaran I sebesar ( 18,75% ), pada putaran II sebesar ( 31,25% ), di akhir putaran mencapai (46,87%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Pembelajaran Aktif Tipe Sudentcreated Case Studies dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-07 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi, pembelajaran, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 05:03 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 06:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16959 |
Actions (login required)
View Item |