Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Student-Created Case Studies (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan, Kab. Semarang)

Fahrudi, Rifki (2011) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Strategi Belajar Student-Created Case Studies (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pabelan, Kab. Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Student-Created Case Studies. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP N 3 Pabelan, Kab. Semarang yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan dan antusias belajar siswa sebelum diadakan tindakan sebesar (31,25%).pada putaran I sebesar (40,63%), pada putaran II sebesar ( 53,12% ), di akhir putaran mencapai (65,62% ), 2) menjawab pertanyaan serta memberikan tanggapan terhadap guru atau siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar (6,25%), pada putaran I sebesar ( 15,63% ), pada putaran II sebesar ( 34,38% ), di akhir putaran mencapai (53,12%), serta 3) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar (3,13%), pada putaran I sebesar ( 18,75% ), pada putaran II sebesar ( 31,25% ), di akhir putaran mencapai (46,87%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Pembelajaran Aktif Tipe Sudentcreated Case Studies dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-07
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Feb 2012 05:03
Last Modified: 21 Jun 2012 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16959

Actions (login required)

View Item View Item