Dampak Penerapan Kurikulum Berbasis KompentensiTerhadap Minat Belajar Dan Prestasi Belajar

Fitrianto, Qodri (2006) Dampak Penerapan Kurikulum Berbasis KompentensiTerhadap Minat Belajar Dan Prestasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Perubahan kurikulum pendidikan nasional sebagai suatu jawaban atas tuntutan perkembangan dalam dunia pendidikan secara menyeluruh.. Konsep otonomi juga diikuti oleh dunia pendidikan dalam upaya penyempurnaan kurikulum pendidikan yang sering disebut dengan otonomi pendidikan. Perubahan ini akan dirasakan baik secara langsung atau langsung oleh institusi pendidikan didalam terdiri dari dinas pendidikan, sekolah-sekolah, para guru dan murid. Harapan setiap perubahan idealnya akan menghasilkan mutu yang meningkat, akan tetapi dalam pelaksanaan dilapangan belum tentu sesuai dengan harapan yang diinginkan. KBK hadir dengan sederet komponen yang telah dikaji dengan melihat kelemahan berdasar evaluasi dan disesuaikan dengan realitas dilapangan oleh dinas pendidikan nasional, kurikulum 1994 yang menitikberatkan pola pembelajaran satu arah dimana guru sebagai pusat belajar, sedangkan KBK menitikberatkan pola pembelajaran aktif (akctive learning) dan kemandirian belajar siswa sangat diperlukan dan actor utamanya adalah siswa, jam pelajaran berkurang sehingga mata pelajaran yang disampaikan hanya mata pelajaran sesuai kompetensinya skill (kecapakannya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan prestasi belajar antara siswa yang menerapkan kurikulum 1994 dan KBK. Kemudian hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan minat belajar dan prestasi belajar antara siswa yang menerapkan KBK dan Kurikulum GBPP 1994. Pada penelitian ini minat belajar akan diukur menggunakan skala minat belajar dan prestasi belajar akan diketahui dari rerata nilai raport pada masing-masing subjek. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Temanggung yang menggunakan KBK dan kurikulum 1994. Subjek pada dua kelompok tersebut akan dirandom untuk mewakili kelompok penelitian. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan minat belajar antara siswa kurikulum KBK dengan siswa kurikulum GBPP ’94 diperoleh nilai F antar A (X1) = 0,535; p = 0,526 (p > 0,05) dan didukung hasil uji t dengan skor t antar A (X1) = 0,732 dengan p = 0,526. Ada perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar antara siswa kurikulum KBK dengan siswa kurikulum GBPP ’94 diperoleh nilai F antar A (X2) = 11,166; p = 0,002 (p < 0.01) dan didukung hasil uji t dengan skor t antar A (X2) = 3,342 dengan p = 0.002. Nilai rerata pretasi belajar siswa dengan kurikulum KBK sebesar 6.639 dan siswa kurikulum GBPP ’94 sebesar 6,961 dengan demikian siswa dengan kurikulum GBPP ’94 memiliki prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kurikulum KBK. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, prestasi belajar, kurikulum.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Feb 2012 11:12
Last Modified: 21 Feb 2012 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item