Upaya peningkatan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode Jigsaw pada siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Ngadirojo Tahun Ajaran 2011/2012

Malinda, Aristya (2011) Upaya peningkatan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode Jigsaw pada siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Ngadirojo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2011/2012 Aristya Malinda, A210070108, Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 81 halaman Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ekonomi melalui metode pembelajaran Jigsaw (2) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dalam pembelajaran Jigsaw pada pokok bahasan Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Ngadirojo yang berjumlah 32 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru ekonomi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada materi memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat melalui metode pembelajaran Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 39,84% dan diakhir tindakan mencapai 80,25%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hasil belajar, metode pembelajaran Jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Feb 2012 09:12
Last Modified: 20 Feb 2012 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item