Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Kolaborasi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012

FATHIMAH, FITHA (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Kolaborasi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, mengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan sebesar 80% dari 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura yaitu sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan tindakan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Team Quiz siswa yang aktif sebanyak 4 siswa (15,38%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu merupakan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Team Quiz, siklus I meningkat 13 siswa (50%), siklus II meningkat keaktifannya menjadi 23 siswa (88,26%). Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas, hipotesis yang menyatakan „„Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Macth kolaborasi Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas X TB SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2011/2012“ terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Kata kunci : Index Card Macth kolaborasi Team Quiz, Keaktifan siswa, Siklus, tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Macth kolaborasi Team Quiz, Keaktifan siswa, Siklus, tindakan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 17 Feb 2012 10:43
Last Modified: 17 Feb 2012 10:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item View Item