Perilaku Menyimpang Di Kalangan Pengangguran Usia Produktif Dan Solusi Alternatifnya (Studi Kasus di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten)

NINAWATI, FITRI (2012) Perilaku Menyimpang Di Kalangan Pengangguran Usia Produktif Dan Solusi Alternatifnya (Studi Kasus di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor perilaku menyimpang, bentuk perilaku menyimpang dan solusi alternatifnya untuk mengatasi perilaku menyimpang di kalangan pengangguran usia produktif di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Jumlah seluruh penduduk Desa Juwiring tahun 2011 sejumlah 2.072 orang. Penelitian ini mengambil Kadus II sebanyak 1.105 orang. Jumlah penduduk Kadus II yang tergolong usia produktif sejumlah 951 orang. Dari jumlah penduduk yang tergolong usia produktif di data yang masuk golongan pengangguran usia produktif adalah 289 orang. Dari jumlah pengang-guran usia produktif yang melakukan perilaku menyimpang sejumlah 91 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat lima tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran perilaku menyimpang, faktor, bentuk perilaku menyimpang di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten yang sering dilakukan meliputi konsumsi miras (10,72%), perjudian (5,53%), kemerosotan karakter (6,92%), tawuran atau perkelahian (2,42%), pencurian atau pencopetan (1,03%), serta komplotan atau gerombolan sesama pengangguran (4,15%). Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang di kalangan pengangguran usia produktif di Desa Juwiring, kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten antara lain sikap mental yang tidak sehat, ketidakharmonisan dalam rumah tangga, sempitnya lapangan pekerjaan, dorongan kebutuhan ekonomi yang semakin melonjak, sumber daya manusia rendah, pengaruh lingkungan, kurangnya skill yang dimiliki dan lain sebagainya. Solusi alternatif yang perlu dilakukan untuk mengatasi perilaku menyimpang di kalangan pengangguran usia produktif antara lain melalui pihak kepala desa dengan berbagai penyuluhan kepada masyarakat, penciptaan lapangan kerja atau usaha kecil, menanamkan nilai norma yang kuat, serta pelaksanaan peraturan desa yang lebih konsisten dan konsekuen. Kata kunci: Perilaku Menyimpang, Pengangguran, Usia Produktif, dan Solusi Alternatif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-17
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyimpang, Pengangguran, Usia Produktif, dan Solusi Alternatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 17 Feb 2012 10:28
Last Modified: 18 Jun 2012 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item