Studi Perbandingan Antara Strategi Index Card Macth dengan Concept Map dalam Meningkatkan Pencapaian KKM Mata Pelajaran Pkn pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

HARYANTI, SRI (2012) Studi Perbandingan Antara Strategi Index Card Macth dengan Concept Map dalam Meningkatkan Pencapaian KKM Mata Pelajaran Pkn pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan pencapaian KKM mata pelajaran PKn antara penggunaan strategi Index Card Macth dan Concept Map pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi komparasi antara strategi Index Card Macth dan Concept Map. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII B (kelas eksperimen I) dan 15 siswa VIII C (kelas Eksperimen II) dan sebelum dilaksanakan perlakuan sampel tersebut dilaku-kan uji keseimbangan untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang seimbang sebelum diberi perlakuan. Sampel diperoleh dari pretes dengan soal sebanyak 20 butir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa 20 butir soal yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 10 soal jawaban singkat. Sebelum instrumen tes digunakan untuk pengumpulan data terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil tabulasi data diperoleh skor hasil postes tertinggi 93, terendah 64, nilai rata-rata 80 dan kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 81, terendah 52, nilai rata-rata 67. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Uji t dilakukan untuk mengetahui berapa perbedaaan atau selisih nilai hasil postes kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5% yaitu t 0,025:28 sebesar 2,05. Hasil perhitungan uji t adalah 4,30. Jadi dapat ditarik kesimpulan t hitung > t 0,025;28 yaitu 4,30 > 2,05, maka H0 ditolak, jadi “Ada Perbedaan antara Strategi Index Card Macth dengan Concept Map dalam Meningkatkan Pencapaian KKM Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012”. Kata Kunci: Studi Perbandingan, KKM, Index Card Macth, Concept Map

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-05
Uncontrolled Keywords: Studi Perbandingan, KKM, Index Card Macth, Concept Map
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 17 Feb 2012 10:13
Last Modified: 18 Jun 2012 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item View Item