Penggunaan Strategi Jigsaw Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Konstitusi-Konstitusi Yang Pernah Berlaku Di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

KUNDARTO, KUNDARTO (2012) Penggunaan Strategi Jigsaw Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Konstitusi-Konstitusi Yang Pernah Berlaku Di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui penggunaan strategi Jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data berupa informasi dari guru dan siswa, kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif adalah 5 siswa (14,29%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan strategi Jigsaw bervariasi pada pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 23 (67,65%) dan siklus II diperoleh hasil yaitu meningkat menjadi 29 (82,86%) yang aktif dari 35 siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan data di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga Penggunaan Strategi Jigsaw bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Konstitusi-konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan diterima kebenarannya. Dengan demikian pendekatan pembelajaran dengan strategi Jigsaw bervariasi merupakan faktor yang ikut mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn. Kata Kunci: Jigsaw, Keaktifan, PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-06
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Keaktifan, PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 17 Feb 2012 10:02
Last Modified: 18 Jun 2012 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item